RPP Kurikulum nasional 2013 revisi 2016 ( 1 KD dan masih banyak lagi .... Anda Berminat)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah
:
SMP Negeri 1 Kota Sungaipenuh
Mata Pelajaran
:
PENJASORKES
Kelas/ Semester
:
VII/GANJIL
Alokasi Waktu
Materi

:
:
3 PERTEMUAN (9 X 40MENIT)
Bola basket

A.      Kompetensi Inti
KI.1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI.2     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.      Kompetensi Dasar dan  C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1          Memahami konsep gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
3.1.1.      Mengidentifikasikan berbagai gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2.      Menjelaskan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.3.      Menjelaskan cara melakukan gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket
4.1          Mempraktikkan  gerak spesifik dalam berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1.1.      Melakukan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2.      Menggunakan gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket  dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan yang dimodifikasi

D. Materi Pembelajaran (Reguler, Remedial, Pengayaan)
a. Pengertian  dan asal-usul bola basket
b. Lapangan permainan bola basket
c. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik permainan bola basket
Gerak spesifil permainan bola basket antara lain: (1) gerak spesifik melempar dan menangkap bola, (2) gerak spesifik menggiring bola, (3) gerak spesifik menembak, (4)gerak spesifik gerakan berporos, (5) gerak spesifik lay out shot, (6) gerak spesifik merayah/rebound.Dalam bermain, siswa diharapkan  dapat menunjukkan nilai-nilai sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.
1.       Aktivitas pembelajaran gerak dasar melempar bola
a. Aktivitas pembelajaran memegang bola dengan dua tangan
b. Aktivitas pembelajaran mengoper bola dengan dua tangan dari depan dada (chest pass)
c. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik mengoperkan bola dari atas kepala
d. Aktivitas pembelajaran mengoperkan bola pantulan
e. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik mengoperkan bola dari samping
f ) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik mengoperkan bola lengkung samping (kaitan)
g) Aktivitas pembelajaran mengoperkan bola dari bawah

2)  Aktivitas pembelajaran gerak dasar menangkap bola
3) Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerak spesifik melempar dan menangkap bola
a) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik melempar dan menangkap bola berpasangan di tempat
b) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik melempar dan menangkap bola bertiga
c) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik melempar dan menangkap bola formasi berbanjar
d) Aktivitas pembelajaran bermain lempar tangkap bola
  4)  Aktivitas pembelajaran menggiring bola
a) Aktivitas pembelajaran menggiring bola di tempat
b) Aktivitas pembelajaran menggiring bola sambil berjalan
c) Aktivitas pembelajaran menggiring bola sambil berlari
d) Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran menggiring bola
1) Aktivitas bermain bola basket  secara sederhana
a) Aktivitas pembelajaran 1 : bermain bola basket  dengan menggunakan gawang kecil yang mengutamakan teknik menggiring, menangkap, dan melempar
a) Bentuklah dua regu, masing-masing regu terdiri dari 5 atau 6 pemain.
b) Buatlah dua buah gawang yang dipasang di garis belakang.
c) Siswa melakukan bermain dengan menggiring bola satu tangan (kiri/kanan)
d) Bola dapat digiring tidak lebih dari 3 langkah.
e) Bola dapat dibawa tidak lebih dari 2 langkah.
f ) Selama pembelajaran ini, siswa diminta untuk mengamati dan merasakan  gerakan  menggiring bola yang enak dilakukan.
2) Aktivitas pembelajaran 2 : bermain bola basket menggunakan setengah lapangan, jumlah pemain adalah 2 lawan 3 dilanjutkan dengan 4 lawan 3 atau 5 lawan 4, yaitu:
a) 2 pemain penyerang dan bertahan 3 pemain.
b) 4 pemain penyerang dan bertahan 3 pemain.
c) 5 pemain penyerang dan bertahan 4 pemain
3) Aktivitas pembelajaran 3 : bermain bola basket  menggunakan satu lapangan dan dibagi dua bidang, yaitu bidang A lapangan untuk regu A dan bidang B lapangan untuk regu B.
Remidial
Remidial dilakukan setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada siswa, berdasarkan jumlah siswa yang tidak memenuhi KKM yang telah ditentukan
Pengayaan
Pengayaan dilakukan setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada siswa, nilai siswa yang telah mencapai atau melampaui KKM yang telah ditentukan.

E. Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Pertama
a.  Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1.         Siswa dibariskan  dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2.         Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3.         Guru  memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis lainnya harus diperlakukan  secara khusus.
4.         Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
5.         Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang  siswa yang dianggap mampu.
6.         Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.

b.   Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1.       Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk memperagakan gerak  dan siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2.       Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3.       Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4.       Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5.       Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket  secara beregu dengan menunjukkan  sikap kerja sama, sportivitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6.       Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7.       Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8.       Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki kesalahankesalahan
9.       Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati perkembangan perilaku peseta didik.
10.    Dalam mengajarkan materi permainan bola basket  guru dapat memodifikasi alat (misalnya penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan
c.    Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru antara lain.
1.          Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2.          Guru memberikan  penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3.          Guru  melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4.          Melakukan pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5.          Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6.          Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.

2. Pertemuan Kedua.
a.  Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1)    Siswa dibariskan  dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2)    Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3)    Guru  memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis lainnya harus diperlakukan  secara khusus.
4)    Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
5)    Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang  siswa yang dianggap mampu.
6)    Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
b.   Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1.       Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk memperagakan gerak  dan siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2.       Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3.       Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4.       Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5.       Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket  secara beregu dengan menunjukkan  sikap kerja sama, sportivitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6.       Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7.       Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8.       Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki kesalahankesalahan
9.       Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati perkembangan perilaku peseta didik.
10.    Dalam mengajarkan materi permainan bola basket  guru dapat memodifikasi alat (misalnya penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan
c.    Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru antara lain.
1)     Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2)     Guru memberikan  penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3)     Guru  melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4)     Melakukan pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5)     Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6)     Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.

3. Pertemuan Ketiga.
a.  Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1 Siswa dibariskan  dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2)      Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3)      Guru  memastikan bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis lainnya harus diperlakukan  secara khusus.
4 Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
5)      Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang  siswa yang dianggap mampu.
6 Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
b.   Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1.       Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk memperagakan gerak  dan siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2.       Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3.       Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4.       Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5.       Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket  secara beregu dengan menunjukkan  sikap kerja sama, sportivitas, tanggung jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6.       Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7.       Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8.       Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki kesalahankesalahan
9.       Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati perkembangan perilaku peseta didik.
10.    Dalam mengajarkan materi permainan bola basket  guru dapat memodifikasi alat (misalnya penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan

c.    Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan oleh guru antara lain.
1)    Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2)    Guru memberikan  penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3)    Guru  melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4)    Melakukan pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5)    Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6)    Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
a)       Sikap
·         Oservasi
·         Penilaian diri sendiri
·         Antar teman
Buku jurnal sikap
NO
TANGGAL
NAMA SISWA
CATATAN PERILAKU
BUTIR SIKAP
1.



1.        
2.




3.









b)      Pengetahuan
1.      Teknik penilaian : Ujian lisan
2.      Instrumen penilaian dan pedoman penskoran : Soal ujian lisan
Nama     :_________________________
Kelas      : _________________________
                               
No
ASPEK DAN SOAL UJI LISAN
Jawaban
1.
Fakta
a. Sebutkan berbagai gerak spesifik melempar dan menangkap bola permainan bola basket.
b. Sebutkan berbagai gerakan menggiring bola permainan bola
basket.Sebutkan berbagai dasar menggiring bola permainan sepakbola.

2.
Konsep
a. Jelaskan berbagai gerak spesifik melempar dan menangkap bola permainan bola basket.
b. Jelaskan berbagai gerakan menggiring bola permainan bola basket

3.
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan berbagai gerak spesifik melempar dan menangkap bola permainan bola basket.
b. Jelaskan cara melakukan berbagai gerakan menggiring bola permainan bola basket

a. Pedoman penskoran
1) Penskoran
a). Soal nomor 1
(1)   Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)   Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)   Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b)    Soal nomor 2
(1)   Skor 4, jika penjelasan benar dan lengkap
(2)   Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
(3)   Skor 2, jika sebagian penjelasan tidak benar dan kurang lengkap
(4 Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)     Soal nomor 3
(1)   Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)   Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)   Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
d)     Soal nomor 4
(1)   Skor 4, jika urutan benar dan lengkap
(2)   Skor 3, jika urutan benar tetapi kurang lengkap
(3)   Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4 Skor 1, jika hanya sebagian urutan yang benar dan tidak lengkap.
2). Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan siswa: SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/24 X 100

  1. Penilaian Keterampilan
Lembar pengamatan proses gerak dasar melempar, menangkap dan menggiring bola permainan bola basket
1.       Teknik penilaian : Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran : Siswa diminta untuk melakukan gerakan melempar, menangkap dan menggiring bola permainan bola basket yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.

Nama                                     :_____________________
Kelas                                      : ____________________
Petugas pengamatan         : ____________________
a.       Petunjuk Penilaian              : Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap siswa menunjukkan atau menampilkan gerak yang diharapkan.
b.       Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak Spesifik

No.

Indikator Penilaian
Hasil Penilaian
Baik
(3)
Cukup
(2)
Kurang
(1)
1.
Sikap awalan melakukan gerakan



2.
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan



3.
Sikap akhir melakukan gerakan



Skor Maksimal (9)


3) Pedoman penskoran
a) Penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(a) pandangan mata ke arah datangnya bola
(b) badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan
terletak di antara kedua kaki.
(c) lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2) Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor baik jika:
(1) bola didorong dari depan
(2) kedua lengan lurus ke depan
(3) badan dicondongkan ke depan
(4) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan
secara benar.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
Skor baik jika :
(1) badan tetap condong ke depan
(2) pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(3) kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor maksimum: 9
Skor perolehan siswa: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh siswa: SP/9 X 100
2.  Lembar pengamatan penilaian hasil gerak spesifik  spesifik melempar, menangkap, dan menggiring permainan bola basket.
 1) Penilaian hasil gerak spesifik melempar dan menangkap bola
a) Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk gerak spesifik melempar dan menangkap bola
dilakukan siswa selama 30 detik dengan dengan cara:
1.       Mula-mula siswa berdiri dengan memegang bola.
2.       Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai melempar dan menangkap bola ke tembok dengan jarak 3 meter.
3.       Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan oleh siswa.
4.       Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

Konversi jumlah ulangan dengan skor

Perolehan Nilai

Predikat Nilai

Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 20 kali
…… ≥ 15 kali
86 - 100
Sangat Baik
17 – 19 kali
12 – 14 kali
71 – 85
Baik
14 – 16 kali
9 – 11 kali
56 - 70
Cukup
........ ≤ 13 kali
........ ≤ 8 kali
........ ≤ 55
Kurang

2) Penilaian hasil gerakan menggiring bola
a) Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian hasil/produk gerakan menggiring bola dilakukan siswa selama 30 detik dengan dengan cara:
1.       Mula-mula siswa berdiri dengan memegang bola.
2.       Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai menggiring bola melewati rintangan (corong atau kursi yang dipasang secara zig-zag) sebanyak 10 rintangan.
3.       Petugas menghitung ulangan/rintangan yang dilewati yang dapat dilakukan oleh siswa.
4.       Jumlah ulangan/rintangan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.

Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan Nilai

Predikat Nilai

Klasifikasi Nilai
Putera
Puteri
…… ≥ 17 kali
…… ≥ 15 kali
86 - 100
Sangat Baik
14 – 16 kali
12 – 14 kali
71 – 85
Baik
11 – 13 kali
9 – 11 kali
56 - 70
Cukup
........ ≤ 10 kali
........ ≤ 8 kali
........ ≤ 55
Kurang


a.    Format Remedial


No

Siswa
Target KI

Aspek

Materi

Indikator
KBM/ KKM
Bentuk
Remedial
Nilai

Ket
KD
Awal
Remedial
1.










2.










3.










4.










5.










dst










Komentar Orang Tua Siswa:

Pengayaan

No

Siswa
Target KI

Aspek

Materi

Indikator
KBM/ KKM
Bentuk
Remedial
Nilai

Ket
KD
Awal
Remedial
1.










2.










3.










4.










5.










dst











               
               
G.      Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a. Media:
1)       Gambar gerak spesifik melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
2)       Video pembelajaran gerak spesifik melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3)       Model siswa atau guru yang memperagakan gerak spesifik melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket

b.   Alat dan Bahan:
1.       basket  atau bola sejenisnya (bola terbuat dari plastik, karet, dll).
2.       Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan bola basket,
3.       halaman sekolah atau lapangan terbuka).
4.       Ring basket atau sejenisnya (keranjang yang digantung).
5.       Peluit dan Stopwatch.
6.       Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).

Sumber belajar.
1.       Buku guru PENJASORKES kelas VII Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi)
2.       Buku siswa PENJASORKES kelas VII Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi)
3.       Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).





Mengetahui,                                                                                                Sungai Penuh,   Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 1 Sungaipenuh                                                           Guru Mata Pelajaran




BAMBANG SUDIANTO, S.Pd                                             OKA MIHARJA, S.Pd
NIP. 1969                                                                  NIP. 19790404 200604 1 007


Komentar

Postingan Populer