RPP Kurikulum nasional 2013 revisi 2016 ( 1 KD dan masih banyak lagi .... Anda Berminat)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 1
Kota Sungaipenuh
|
Mata
Pelajaran
|
:
|
PENJASORKES
|
Kelas/
Semester
|
:
|
VII/GANJIL
|
Alokasi
Waktu
Materi
|
:
:
|
3 PERTEMUAN
(9 X 40MENIT)
Bola basket
|
A.
Kompetensi
Inti
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya.
KI.2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI.3
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI.4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar
dan C. Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami konsep gerak spesifik dalam
berbagai permainan bola besar sederhana dan atau tradisional *)
3.1.1. Mengidentifikasikan
berbagai gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.2. Menjelaskan
gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
3.1.3. Menjelaskan cara
melakukan gerak melempar, menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket
4.1 Mempraktikkan gerak spesifik dalam berbagai permainan bola
besar sederhana dan atau tradisional *)
4.1.1. Melakukan gerak
melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket.
4.1.2. Menggunakan
gerak melempar,menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket dalam bentuk permainan sederhana dengan peraturan
yang dimodifikasi
D. Materi
Pembelajaran (Reguler, Remedial, Pengayaan)
a. Pengertian dan asal-usul bola basket
b. Lapangan permainan bola
basket
c. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
permainan bola basket
Gerak
spesifil permainan bola basket antara lain: (1) gerak spesifik melempar dan menangkap
bola, (2) gerak spesifik menggiring bola, (3) gerak spesifik menembak, (4)gerak
spesifik gerakan berporos, (5) gerak spesifik lay out shot, (6) gerak spesifik merayah/rebound.Dalam bermain,
siswa
diharapkan dapat menunjukkan nilai-nilai
sikap seperti: sportivitas, kerja sama, tanggung jawab, dan disiplin.
1. Aktivitas pembelajaran gerak dasar melempar bola
a. Aktivitas pembelajaran memegang bola
dengan dua tangan
b. Aktivitas pembelajaran mengoper bola dengan
dua tangan dari depan dada (chest pass)
c. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
mengoperkan bola dari atas kepala
d. Aktivitas pembelajaran mengoperkan bola
pantulan
e. Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
mengoperkan bola dari samping
f ) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
mengoperkan bola lengkung samping (kaitan)
g) Aktivitas pembelajaran mengoperkan bola
dari bawah
2) Aktivitas pembelajaran gerak
dasar menangkap bola
3) Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran gerak spesifik melempar dan menangkap
bola
a) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
melempar dan menangkap bola berpasangan di tempat
b) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
melempar dan menangkap bola bertiga
c) Aktivitas pembelajaran gerak spesifik
melempar dan menangkap bola formasi berbanjar
d) Aktivitas pembelajaran bermain lempar
tangkap bola
4) Aktivitas pembelajaran menggiring bola
a) Aktivitas pembelajaran menggiring bola di
tempat
b) Aktivitas pembelajaran menggiring bola
sambil berjalan
c) Aktivitas pembelajaran menggiring bola
sambil berlari
d) Bentuk-bentuk aktivitas pembelajaran
menggiring bola
1) Aktivitas bermain bola basket
secara sederhana
a) Aktivitas pembelajaran 1 : bermain bola
basket dengan menggunakan gawang kecil
yang mengutamakan teknik menggiring, menangkap, dan melempar
a) Bentuklah dua regu, masing-masing regu terdiri dari 5 atau 6
pemain.
b) Buatlah dua buah gawang yang dipasang di garis belakang.
c) Siswa melakukan bermain dengan menggiring bola satu tangan
(kiri/kanan)
d) Bola dapat digiring tidak lebih dari 3 langkah.
e) Bola dapat dibawa tidak lebih dari 2 langkah.
f ) Selama pembelajaran ini, siswa diminta untuk mengamati dan
merasakan gerakan menggiring bola yang enak dilakukan.
2) Aktivitas pembelajaran
2 : bermain bola basket menggunakan setengah lapangan, jumlah pemain adalah 2
lawan 3 dilanjutkan dengan 4 lawan 3 atau 5 lawan 4, yaitu:
a)
2 pemain penyerang dan bertahan 3 pemain.
b)
4 pemain penyerang dan bertahan 3 pemain.
c)
5 pemain penyerang dan bertahan 4 pemain
3) Aktivitas
pembelajaran 3 : bermain bola basket
menggunakan satu lapangan dan dibagi dua bidang, yaitu bidang A lapangan
untuk regu A dan bidang B lapangan untuk regu B.
Remidial
Remidial
dilakukan setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada
siswa, berdasarkan jumlah siswa yang tidak memenuhi KKM yang telah ditentukan
Pengayaan
Pengayaan
dilakukan setelah diadakan penilaian pada kompetensi yang telah diajarkan pada
siswa, nilai siswa yang telah mencapai atau melampaui KKM yang telah
ditentukan.
E.
Kegiatan Pembelajaran
1.
Pertemuan Pertama
a. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1.
Siswa dibariskan
dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2.
Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3.
Guru
memastikan
bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis
lainnya harus diperlakukan secara khusus.
4.
Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
5.
Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu.
6.
Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
oleh siswa.
b.
Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1. Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk
memperagakan gerak dan
siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2. Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan
beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3. Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui
kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok
dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang
efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4. Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5. Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket secara beregu dengan menunjukkan sikap kerja sama, sportivitas, tanggung
jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6. Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan
berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7. Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit,
dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8. Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki
kesalahankesalahan
9. Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati
perkembangan perilaku peseta didik.
10. Dalam mengajarkan materi permainan bola basket guru dapat memodifikasi alat (misalnya
penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan
c. Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan
oleh guru antara lain.
1.
Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2.
Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak
dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu
melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3.
Guru melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4.
Melakukan pelemasan yang dipimpin
oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang
dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5.
Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah
dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan
dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6.
Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa
dan bersalaman.
2. Pertemuan
Kedua.
a. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1) Siswa dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2) Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3) Guru
memastikan
bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis
lainnya harus diperlakukan secara khusus.
4) Tanyakan
kondisi kesehatan siswa secara umum.
5) Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu.
6) Sampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
oleh siswa.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1. Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk
memperagakan gerak dan
siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2. Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan
beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3. Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui
kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok
dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang
efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4. Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5. Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket secara beregu dengan menunjukkan sikap kerja sama, sportivitas, tanggung
jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6. Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan
berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7. Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit,
dari yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8. Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki
kesalahankesalahan
9. Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati
perkembangan perilaku peseta didik.
10. Dalam mengajarkan materi permainan bola basket guru dapat memodifikasi alat (misalnya
penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan
c. Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan
oleh guru antara lain.
1) Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2) Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak
dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu
melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3) Guru melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4) Melakukan
pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang
dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5) Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah
dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan
dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6) Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa
dan bersalaman.
3. Pertemuan Ketiga.
a. Kegiatan Pendahuluan
Kegiatan pendahuluan yang harus dilakukan oleh guru berikut ini.
1) Siswa dibariskan dan mengucapkan salam atau selamat pagi kepada guru.
2) Sebelum melakukan pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa dan bersalaman.
3) Guru
memastikan
bahwa semua siswa dalam keadaan sehat, dan penyakit kronis
lainnya harus diperlakukan secara khusus.
4) Tanyakan kondisi kesehatan siswa secara umum.
5) Melakukan pemanasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang dianggap mampu.
6) Sampaikan
tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
b. Kegiatan Inti
Kegiatan inti yang harus dilakukan
oleh guru berikut ini.
1. Guru atau salah seorang siswa yang dikatagorikan mampu untuk
memperagakan gerak dan
siswa yang lainnya diminta untuk memperhatikan dan mengamatinya.
2. Guru memotivasi siswa untuk bertanya, dengan cara guru mengajukan
beberapa pertanyaan atau mengajukan permasalahan.
3. Menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut melaui
kegiatan ekplorasi gerak secara individual, berpasangan, atau berkelompok
dengan menunjukkan sikap kerja sama dan disiplin, sehingga ditemukan gerak yang
efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan setiap siswa.
4. Menemukan hubungan keterampilan gerak.
5. Menerapkan berbagai gerak permainan bola basket secara beregu dengan menunjukkan sikap kerja sama, sportivitas, tanggung
jawab, menghargai teman, dan menerima kekalahan dan kemenangan.
6. Selama proses pembelajaran, perilaku siswa harus diamati dan
berikan perbaikan terhadap penyimpangan perilaku siswa dengan cara yang santun.
7. Kegiatan pembelajaran dilakukan dari yang mudah ke yang sulit, dari
yang sederhana ke yang rumit serta dari yang ringan ke yang berat.
8. Pada saat siswa melakukan gerakan, guru mengawasi dan memperbaiki
kesalahankesalahan
9. Gerakan yang dilakukan oleh siswa, di samping itu juga amati
perkembangan perilaku peseta didik.
10. Dalam mengajarkan materi permainan bola basket guru dapat memodifikasi alat (misalnya
penggunaan bola karet), peraturan dan lapangan permainan
c. Kegiatan Penutup
Kegiatan penutup pembelajaran yang harus dilakukan
oleh guru antara lain.
1) Guru melakukan evaluasi terhadap proses aktivitas berkenaan dengan materi aktivitas yang telah diberikan.
2) Guru memberikan penghargaan kepada siswa yang mampu melakukan aktivitas gerak
dengan baik, dan memberikan tugas remedial kepada siswa yang belum mampu
melakukan aktivitas gerak dengan baik.
3) Guru melakukan tanya-jawab dengan siswa yang berkenaan dengan materi pembelajaran yang telah diberikan.
4) Melakukan
pelemasan yang dipimpin oleh guru atau oleh salah seorang siswa yang
dianggap mampu, dan menjelaskan kepada siswa tujuan dan manfaat melakukan pelemasan setelah melakukan aktivitas fisik/olahraga yaitu agar dapat melemaskan otot dan tubuh tetap bugar (segar).
5) Memberikan tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh siswa dan dikerjakan di rumah
dalam bentuk portofolio dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya berkenaan
dengan materi aktivitas yang telah dipelajari.
6) Setelah melakukan aktivitas pembelajaran sebaiknya seluruh siswa dan guru berdoa
dan bersalaman.
F. Penilaian, Pembelajaran
Remedial, dan Pengayaan
a) Sikap
·
Oservasi
·
Penilaian diri sendiri
·
Antar teman
Buku
jurnal sikap
NO
|
TANGGAL
|
NAMA SISWA
|
CATATAN PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
1.
|
1.
|
|||
2.
|
||||
3.
|
b) Pengetahuan
1.
Teknik penilaian : Ujian
lisan
2.
Instrumen
penilaian dan pedoman penskoran : Soal ujian lisan
Nama :_________________________
Kelas : _________________________
No
|
ASPEK DAN SOAL UJI LISAN
|
Jawaban
|
1.
|
Fakta
a. Sebutkan berbagai gerak spesifik melempar dan menangkap bola
permainan bola basket.
b. Sebutkan berbagai gerakan menggiring bola permainan bola
basket.Sebutkan berbagai dasar menggiring bola permainan
sepakbola.
|
|
2.
|
Konsep
a. Jelaskan berbagai gerak spesifik melempar dan menangkap bola
permainan bola basket.
b. Jelaskan berbagai gerakan menggiring bola permainan bola
basket
|
|
3.
|
Prosedur
a. Jelaskan cara melakukan berbagai gerak spesifik melempar dan
menangkap bola permainan bola basket.
b. Jelaskan cara melakukan berbagai gerakan menggiring bola permainan
bola basket
|
a. Pedoman penskoran
1) Penskoran
a). Soal nomor 1
(1)
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
b)
Soal nomor 2
(1) Skor 4,
jika penjelasan benar dan lengkap
(2)
Skor 3, jika penjelasan benar tetapi kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian penjelasan
tidak benar dan kurang lengkap
(4) Skor 1, jika hanya sebagian penjelasan yang benar dan tidak lengkap
c)
Soal nomor 3
(1)
Skor 3, jika jenis disebut secara lengkap
(2)
Skor 2, jika jenis disebut secara kurang lengkap
(3)
Skor 1, jika jenis disebut tidak lengkap
d)
Soal nomor 4
(1) Skor 4,
jika urutan benar dan lengkap
(2)
Skor 3, jika urutan benar tetapi
kurang lengkap
(3)
Skor 2, jika sebagian urutan tidak benar dan kurang lengkap
(4) Skor 1, jika hanya sebagian
urutan yang benar dan tidak lengkap.
2). Pengolahan skor
Skor maksimum: 24
Skor perolehan siswa:
SP
Nilai sikap yang diperoleh siswa: SP/24 X 100
- Penilaian Keterampilan
Lembar pengamatan proses gerak dasar melempar, menangkap dan menggiring bola permainan bola basket
1.
Teknik penilaian : Uji unjuk kerja oleh rekan sejawat (dalam permainan)
Instrumen Penilaian dan Pedoman Penskoran : Siswa diminta untuk melakukan gerakan melempar,
menangkap dan menggiring bola
permainan bola basket yang dilakukan berpasangan, berkelompok atau dalam bentuk bermain.
Nama :_____________________
Kelas : ____________________
Petugas pengamatan : ____________________
a. Petunjuk Penilaian
: Berikan tanda cek (√) pada kolom yang sudah disediakan, setiap siswa
menunjukkan atau menampilkan gerak yang diharapkan.
b. Rubrik Penilaian Keterampilan Gerak Spesifik
No.
|
Indikator Penilaian
|
Hasil Penilaian
|
||
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Kurang
(1)
|
||
1.
|
Sikap awalan melakukan gerakan
|
|||
2.
|
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
|
|||
3.
|
Sikap akhir melakukan gerakan
|
|||
Skor Maksimal (9)
|
3)
Pedoman penskoran
a) Penskoran
(1) Sikap awalan melakukan gerakan
Skor
baik jika:
(a)
pandangan mata ke arah datangnya bola
(b)
badan sedikit dicondongkan ke depan dan berat badan
terletak
di antara kedua kaki.
(c)
lutut ditekuk, badan condong ke depan dan jaga keseimbangan
Skor
Sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
Kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
(2)
Sikap pelaksanaan melakukan gerakan
Skor
baik jika:
(1)
bola didorong dari depan
(2)
kedua lengan lurus ke depan
(3)
badan dicondongkan ke depan
(4)
pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
Skor
sedang jika : hanya tiga kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
kurang jika : hanya satu sampai dua kriteria yang dilakukan
secara
benar.
(3) Sikap akhir melakukan gerakan
Skor
baik jika :
(1)
badan tetap condong ke depan
(2)
pandangan mata tertuju pada lepasnya bola
(3)
kaki kiri ke depan dan kaki kanan di belakang
Skor
sedang jika : hanya dua kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
kurang jika : hanya satu kriteria yang dilakukan secara benar.
Skor
maksimum: 9
Skor
perolehan siswa: SP
Nilai keterampilan yang diperoleh siswa:
SP/9 X 100
2. Lembar pengamatan penilaian hasil gerak
spesifik spesifik melempar, menangkap, dan menggiring
permainan bola basket.
1)
Penilaian hasil gerak spesifik melempar dan menangkap bola
a)
Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian
hasil/produk gerak spesifik melempar dan menangkap bola
dilakukan
siswa selama 30 detik dengan dengan cara:
1. Mula-mula siswa berdiri dengan memegang bola.
2. Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai
melempar dan menangkap bola ke tembok dengan jarak 3 meter.
3. Petugas menghitung ulangan/pantulan bola yang dapat dilakukan
oleh siswa.
4. Jumlah ulangan/pantulan bola yang dilakukan dengan benar memenuhi
persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Predikat Nilai
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… ≥ 20 kali
|
…… ≥ 15 kali
|
86 - 100
|
Sangat Baik
|
17 – 19 kali
|
12 – 14 kali
|
71 – 85
|
Baik
|
14 – 16 kali
|
9 – 11 kali
|
56 - 70
|
Cukup
|
........ ≤ 13 kali
|
........ ≤ 8 kali
|
........ ≤ 55
|
Kurang
|
2)
Penilaian hasil gerakan menggiring bola
a) Tahap pelaksanaan pengukuran
Penilaian
hasil/produk gerakan menggiring bola dilakukan siswa selama 30 detik dengan
dengan cara:
1. Mula-mula siswa berdiri dengan memegang bola.
2. Setelah petugas pengukuran memberi aba-aba “mulai” siswa mulai
menggiring bola melewati rintangan (corong atau kursi yang dipasang secara zig-zag) sebanyak 10 rintangan.
3. Petugas menghitung ulangan/rintangan yang dilewati yang dapat
dilakukan oleh siswa.
4. Jumlah ulangan/rintangan bola yang dilakukan dengan benar
memenuhi persyaratan dihitung untuk diberikan skor.
Konversi jumlah ulangan dengan skor
Perolehan
Nilai
|
Predikat Nilai
|
Klasifikasi Nilai
|
|
Putera
|
Puteri
|
||
…… ≥ 17 kali
|
…… ≥ 15 kali
|
86 - 100
|
Sangat Baik
|
14 – 16 kali
|
12 – 14 kali
|
71 – 85
|
Baik
|
11 – 13 kali
|
9 – 11 kali
|
56 - 70
|
Cukup
|
........ ≤ 10 kali
|
........ ≤ 8 kali
|
........ ≤ 55
|
Kurang
|
a. Format Remedial
No
|
Siswa
|
Target KI
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KBM/ KKM
|
Bentuk
Remedial
|
Nilai
|
Ket
|
|
KD
|
Awal
|
Remedial
|
||||||||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
dst
|
||||||||||
Komentar Orang Tua Siswa:
|
Pengayaan
No
|
Siswa
|
Target KI
|
Aspek
|
Materi
|
Indikator
|
KBM/ KKM
|
Bentuk
Remedial
|
Nilai
|
Ket
|
|
KD
|
Awal
|
Remedial
|
||||||||
1.
|
||||||||||
2.
|
||||||||||
3.
|
||||||||||
4.
|
||||||||||
5.
|
||||||||||
dst
|
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
a. Media:
1) Gambar gerak spesifik melempar, menangkap, dan menggiring bola
permainan bola basket.
2) Video pembelajaran gerak spesifik melempar, menangkap, dan
menggiring bola permainan bola basket.
3) Model siswa atau guru yang memperagakan gerak spesifik melempar,
menangkap, dan menggiring bola permainan bola basket
b. Alat
dan Bahan:
1. basket atau bola sejenisnya (bola terbuat dari
plastik, karet, dll).
2. Lapangan permainan bola basket atau lapangan sejenisnya (lapangan
bola basket,
3. halaman sekolah atau lapangan terbuka).
4. Ring basket atau sejenisnya (keranjang yang digantung).
5. Peluit dan Stopwatch.
6. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa
oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
Sumber belajar.
1. Buku guru
PENJASORKES kelas VII Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi)
2. Buku siswa
PENJASORKES kelas VII Cetakan Ke-3, 2016 (Edisi Revisi)
3. Panduan Pembelajaran Siswa (Judul: Panduan Pembelajaran Siswa
oleh MGMP PJOK SMP/M.Ts).
Mengetahui, Sungai
Penuh, Agustus 2016
Kepala SMP Negeri 1 Sungaipenuh Guru Mata Pelajaran
BAMBANG SUDIANTO, S.Pd OKA
MIHARJA, S.Pd
NIP. 1969 NIP. 19790404 200604 1 007
Komentar
Posting Komentar