Pidato dokter kecil

Mihza Hidya Multazam

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Kepada yang terhormat kepala puskesmas kecamatan keliling danau berserta staf dan karyawan, yang terhormat kepala-kepala SD yang ada di kecamatan keliling danau.
serta teman-temanku yang berbahagia. Puji syukur kita panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberi kita riski berupa kesehatan. Salawat dan salam kita junjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang telah membawa ilmu pengetahuan seperti yang kita alami saat ini
Judul pidato yang akan saya sampaikan adalah Pola Hidup Sehat
Pola hidup sehat memang penting. Selain dapat membuat badan sehat, hal itu juga dapat membuat kita terhindar dari penyakit. Ada beberapa macam pola hidup sehat yaitu pola makan, olahraga dan istirahat.
Yang pertama Pola makan, pola makan harus dijaga agar tidak terkena penyakit obesitas atau malah kekurangan gizi.
Yang kedua olahraga. olahraga merupakan kegiatan yang mudah dilakukan, tapi banyak diabaikan. Padahal olahraga yang teratur dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.
Yang ketiga istirahat. Istirahat yang cukup akan memulihkan tubuh kita yang letih dan  mengembalikan tenaga yang telah dipakai selama kita bergerak dan beraktifitas.
Tiga macam pola hidup sehat tersebut di atas, yang dimulai dengan pola makan yang baik, olahraga teratur dan istirahat yang cukup, maka perlu didukung sikap yang optimis. Sebab sikap yang optimisme juga berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.
Pola hidup sehat penting kita perlukan karena manfaatnya, Pola hidup sehat ini harus diterapkan mulai dari diri kita masing-masing, dalam kehidupan kita sehari-hari.
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Maaf apabila ada kesalahan.

Beras ketan jerami bukan
Atas beranda sarang tekukur
Pidato kesehatan saya tuliskan
Sebagai tanda cara bersyukur

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  
MATERI PELATIHAN DOKTER KECIL
Ada 4 jenis materi pokok yang disampaikan dalam pelatihan tersebut antaralain :
1. Merawat Kesehatan Gigi dan Mulut :
 * Para siswa diajarkan bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar* Sebaiknya melakukan sikat gigi dan menggunakan pasta gigi yang sehat* Kontrol kesehatan gigi secara rutin, teratur ke poli gigi puskesmas atau rumahsakit.
2. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri
:* Membersihkan badan (mandi) dengan air bersih, minimal 2 kali sehari* Mengenakan pakaian yang bersih dan rapi* Membiasakan mencuci serta membersihkan kuku kaki dan tangan
3. Memelihara Kesehatan Lingkungan :
 * Membuang sampah pada tempatnya* Membersihkan saluran limbah dan halaman pekarangan sekolah* Mengkonsumsi jajanan, makanan dan minuman yang bergisi plus sehat.
4. Melakukan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K):
 * Cara Merawat luka ringan pada diri dan teman-teman sekolah* Bagaimana membantu siswa yang sedang sakit yang perlu pertolongan segera.* Berusaha menjaga kesehatan diri sendiri, dengan berolahraga, misalnya senamsehat.Metode pemberian materi pelatihan, melalui ceramah, tanya jawab dan praktek langsung oleh para siswa. Semoga bisa diterapkan dan dievaluasi kembali denganbaik






Komentar

Postingan Populer